ubi-jalar

Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh – Salah satu jenis makanan bergizi yang memenuhi kebutuhan vitamin A setiap harinya sebanyak 400% adalah Ubi Jalar. Ya, ubi jalar memang makanan yang kaya akan vitamin, serat dan potasium (kalium). Jenis ubi ini pastinya sering kita jumpai terutama didaerah pedesaan atau pasar-pasar tradisional. Selain mengandung vitamin, ubi jalar juga memiliki kandungan gula alami yang bahkan lebih besar daripada kentang.

Di dunia internasional, ubi jalar ini dikenal dengan sebutan sweet potato dan di Indonesia sendiri orang-orang menyebutnya dengan ketela rambat. Untuk menanam pohon ubi jalar tidaklah susah karena ubi jalar tidak membutuhkan air yang terlalu banyak. Jadi anda bisa menanamnya di kebun atau ladang.

Ada berbagai macam bentuk dan warna yang dimiliki ubi jalar ini yaitu ada yang berwarna putih, kuning, orange dan ada pula yang berwarna ungu. Setiap warna tentunya memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda contohnya saja yang berwarna orange memiliki banyak kandungan beta karoten. Untuk mengkonsumsinya anda dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari direbus, digoreng ataupun dibakar. Satu ubi jalar yang berukurang sedang dapat memberikan lebih dari 100% kebutuhan harian akan vitamin A.

Bukan hanya buah atau isinya, tetapi kulit dari ubi jalar sendiri pun memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh seperti serat, quercetin dan kalium. Namun sayangnya banyak orang yang belum mengetahui akan banyaknya manfaat dari ubi jalar ini sehingga makanan ini masih kurang diminati masyarakat. Ubi jalar yang direbus tanpa kulit memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan salah satunya yaitu :

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

  • Untuk Menjaga Kesehatan Mata – Sama halnya dengan wortel, kandungan vitamin A dalam bentuk beta karoten yang dimiliki ubi jalar sangat baik untuk kesehatan mata. Jadi jika anda ingin memiliki mata yang sehat, konsumsilah makanan ini.
  • Menjaga Kesehatan Jantung – Ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Homosistein yang tinggi dapat berpengaruh pada peningkatan resiko penyakit jantung dan stroke.
  • Memperbaiki Kadar Gula Bagi Penderita Diabetes – Ubi jalar adalah makanan yang memiliki skala indeks glikemik rendah, dan berdasarkan penelitian terbaru menyatakan bahwa sayuran ini dapat mengurangi gula darah rendah dan resistensi insulin bagi para penderita diabetes.
  • Meningkatkan Kesuburan Wanita – Seorang wanita akan memiliki kesuburan yang baik jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi yang berasal dari tanaman. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School Harvard Health Publications mengemukakan bahwa vitamin A pada ubi jalar sangat penting dikonsumsi selama masa kehamilan dan menyusui sebagai sintesis hormon.
  • Membantu Mengurangi Inflasi – Kandungan kolin yang terdapat pada ubi jalar sangat berguna untuk meningkatkan kualitas tidur, proses belajar, gerakan otot dan meningkatkan daya ingat.  Kolin juga dapat mempertahankan struktur membran sel, membantu penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi atau peradangan.
  • Mencegah Keriput – Bagi anda seorang wanita, ubi jalar juga bisa digunakan sebagai obat kecantikan atau lebih tepatnya untuk mencegah timbulnya keriput pada wajah. Kandungan vitamin E yang dimiliki ubi jalar sama halnya dengan yang dimiliki buah alpukan dan kiwi.
  • Mengontrol Tekanan Darah –  Buah dan sayuran yang memiliki kandungan potasium merupakan makanan yang baik untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi). Jika anda ingin tekanan darah anda dalam keadaan normal, maka konsumsilah makanan yang kaya akan potasium ini.
  • Berguna Untuk Melawan Stres – Ubi jalar memiliki kandungan asam pantotenat atau vitamin B yang dapat memproduksi hormon-hormon stres. Ketika seseorang mengalami stres, maka asam pantotenat akan digunakan dan untuk itu kita harus menjaga agar asam pantotenat didalam tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

Terkadang makanan yang dikira biasa saja ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Kandungan-kandungan yang dimilikinya melebihi makanan sehat lainnya yang sering anda konsumsi setiap hari. Jadi anda tidak boleh meremehkan ubi jalar yang mungkin dilihat dari segi bentuknya yang kurang menarik. Sekian dan Terimakasih.